Minggu, 01 Oktober 2017

Pengalaman Bootcamp .Net 120 Xsis Academy #1

Assalamu'alaykum..Halo teman-teman, disini saya akan mencoba sedikit berbagi pengalaman saya selama mengikuti program  bootcamp .NET yang diadakan oleh PT. Xsis Mitra Utama.
Tapi sebelum bercerita panjang lebar, saya akan perkenalkan terlebih dahulu siapa saya, PT. Xsis Mitra Utama, dan apa sih itu bootcamp??? Dimulai dari saya yang baru belajar menulis di blog ini, saya adalah software engeneer baru yang juga baru lolos tahap bootcamp di PT. Xsis, seperti nama blog ini, saya adalah orang yang menyukai hal-hal baru dan dunia IT ini juga merupakan hal yang baru untuk saya,karena sebenarnya saya tidak ada basic di dunia IT ini, saya alumni jurusan Matematika tahun 2015 (bukan fresh graduate) tapi itulah tantangan barunya. Itulah sekilas tentang saya. 
Next.. PT XSIS MITRA UTAMA merupakan perusahaan yang bergerak dibidang IT lebih simpelnya adalah perusahaan menyediakan sumber daya manusia dibidang IT. Xsis Mitra Utama merupakan  anak dari perusahaan Equine Technologies group. Takut salah jelasin lebih detailnya teman-teman bisa search di google ya, banyak sekali kok info tentang Xsis. PT Xsis sendiri sebenernya merupakan perusahaan outsource khusus tenaga IT, jadi untuk para fresh graduate atau yang suka pengalaman baru seperti saya, menurut saya perusahaan ini bisa jadi pilihan yang bagus. Karena kita akan mendapatkan berbagai pengalaman yang berharga, ilmu yang luar biasa, informasi, koneksi, relasi, dan yang pasti duit tentunya. 
Selanjutnya, apa itu bootcamp?? Bootcamp adalah suatu program pelatihan yang diberika PT XSIS MITRA UTAMA selama 7 minggu guna mengasah lagi kemampuan bagi yang sudah punya basic coding dan merupakan tempat mendapatkan ilmu baru bagi yang baru kenal coding (seperti saya). Setelah melewati masa pelatihan dan tentunya harus lolos setiap tahap ujiannya maka kita akan dikontrak selama 2 tahun untuk menjadi karyawan di PT XSIS MITRA UTAMA. Jadi buat teman-teman yang mau berkarir dibidang IT terutama fresh graduate atau yang suka hal-hal baru, saya sangat merekomendasikan untuk mengikuti program Bootcamp ini, untuk yang lulusan non-IT pun jangan takut karena disini kita akan belajar mulai dari NOL. Oke, cukup untuk perkenalannya...
Selanjutnya saya akan bercerita sedikit tentang bagaimana saya bisa ikut dalam program bootcamp ini. Bisa dibilang saya adalah hasil recruitment dari program MGM(Member Get Member) yang diadakan oleh PT.XSIS MITRA UTAMA, karena saya direkomendasikan oleh teman yang sebelumnya telah mengikuti program bootcamp tersebut. Walaupun diatas saya menyebutnya direkomendasikan, seperti calon peserta bootcamp lainnya saya juga harus mengikuti serangkaian test dan interview yang menurut saya lumayan. Untuk tesnya sendiri biasanya dilakukan dari pagi sampai sore hari (sampai selesai). Testnya meliputi  psikotest, soal-soal (deret angka, query, html, jquery, ajax, dll), technical test  dan yang terakhir interview dengan pihak HRD dan IT.
Bagi teman-teman yang nantinya dinyatakan lulus, teman-teman akan dihubungi langsung oleh  pihak Xsis. Dan selanjutnya mengenai syarat-syarat dan apa saja yang harus dilakukan biasanya akan diinformasikan  melalui e-mail.
Nah sekarang saya akan coba menceritakan pengalaman program bootcamp saya yaitu saya berada di kelas Bootcamp .NET batch 120. Pada program bootcamp ini ada beberapa tahapan yang harus dilalui, yaitu tahap pertama berupa pengenalan materi dasar dan logic (berlaku sistem gugur), tahap kedua adalah materi teknologi, tahap ketiga adalah mengerjakan mini project (berlaku sistem gugur), dan yang terakhir adalah pembekalan softskill.
Tahap pertama adalah tahap dimana peserta bootcamp dibekali dengan ilmu-ilmu dasar yang bersifat teknikal, seperti pengenalan tentang OOP, .NET dan masih banyak lainnya (takut salah sebut.. hehe). Tahap ini berlangung selama dua minggu. Pada tahap ini diawali dengan adanya kick off yang dialakukan oleh pihak Xsis. Pada program bootcamp ini, saya tergabung ke dalam bootcamp .NET  batch 120. Di batch ini saya dipertemukan dengan 6 orang teman baru yang semunya tampan (karena semua laki-laki dan saya perempuan sendiri), dan satu orang trainer yang paling tampan dan baik hati yaitu Pak Pandu. 
Khusus pada tahap pertama ini, peserta bootcamp akan diberi materi tentang logic, dengan diselingi pemahaman-pemahaman mengenangi hal-hal yang berhubungan dengan .NET dan olah database dengan SQL Server. Bagi teman-teman yang bukan jurusan IT, teman-teman tidak perlu khawatir, karena nantinya di program bootcamp ini teman-teman akan dibimbing oleh trainernya mulai dari materi atau hal-hal yang paling dasar. Jadi tenang aja deh, seiring dengan berjalannya waktu sedikit demi sedikit kita akan mulai ngerti tentunya harus dengan belajar dan usaha yang lebih dibandingkan dengan teman-teman yang memang sudah punya basic di dunia IT. Pasti bisa.
Setelah tahap ini selesai (2 minggu berlalu), seluruh peserta bootcamp akan mengikuti  sebuah tahapan evaluasi. Pada tahap inilah peserta bootcamp akan diuji dan setelah semua prosedur terlewati, nanti akan didapatkan keputusan/hasil apakah kita bisa lanjut ke tahap selanjutnya atau tidak.
Mungkin ini dulu yang dapat saya ceritakan tentang pengalaman bootcamp saya di PT. Xsis Mitra Utama untuk tahap pertama. Untuk tahap selanjutnya mungkin akan saya ceritakan di postingan yang akan datang.
Xsiss!!!  Winners!!!
#BootcampXsis #XsisAcademy #.NetBatch120

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.